Oleh: pnpmkarimun | 3 November 2014

UPK Lancang Bertitah, Sudah 19 Kali Melakukan Perguliran

Sekretaris, Bendahara dan Staf perguliran UPK Lancang Bertitah.

UPK Lancang Bertitah: Nurhidayah (Sekretaris) , Juliana (Bendahara), Bella dan Jupihana (Staf perguliran).

UPK Lancang Bertitah, Kecamatan Kundur Barat telah melakukan sembilan belas kali perguliran. Terakhir, bulan Oktober 2014, jumlah dana yang digulirkan mencapai Rp. 808 juta. Dana tersebut disalurkan kepada 22 kelompok di tiga desa. Hingga periode Oktober 2014, total dana bergulir yang dikelola UPK kurang lebih Rp. 1,39 milyar.

Sejak berdiri tahun 2007 silam, UPK Kecamatan Kundur Barat, telah menyalurkan dana ke masyarakat kurang lebih Rp. 7,4 milyar. Dana tersebut digunakan untuk pembiayaan kegiatan: Pembangunan Sarana Prasarana Rp 3.343.811.000,- Bantuan modal kegiatan simpan pinjam kelompok perempuan Rp 1.396.500.000,- Kegiatan bidang kesehatan Rp 508.570.000,- kegiatan bidang pendidikan dasar  Rp 1.885.055.800,- dan Rp 95.000.000,- kegiatan lainnya.

Tugas utama pengurus UPK, mengelola dana Program PNPM baik yang bersumber dari dana APBD Kabupaten maupun  APBN serta dana perguliran Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPKP). Selain itu,juga melakukan pembinaan terhadap Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) desa dan pemamfaat SPKP. Pembinaan mencakup adminstrasi kegiatan serta pengelolaan usaha anggota kelompok peminjam.

Saat ini ada 95 Kelompok SPKP yang menjadi binaan UPK Lancang Bertitah, dengan jumlah anggota 730 orang. Dari aspek jenis usaha, umumnya termasuk kelompok aneka usaha dan usaha bersama. Sedangkan tingkat perkembangan kelompok beragam. Ada yang pemula, berkembang dan matang. Kebanyakan masih pada tingkat kelompok berkembang. Dan, saat ini sedang melakukan pembinaan untuk meningkatkan jumlah kelompok dengan kualifiasi ‘matang.(Sesvil/Yance)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: