Oleh: pnpmkarimun | 7 Oktober 2014

PELATIHAN UPK GABUNGAN

PNPPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Karimun laksananan pelatihan UPK secara gabungan. Kegiatan berlangsung selama tiga hari, tanggal 25 s/d 27 September 2014, bertempat di Hotel Alishan, Tanjung Balai Karimun. Pelatihan ini bertema “Peningkatan Pelayanan Terhadap Masyarakat di Lokasi Sasaran”. Peserta terdiri dari utusan Kecamatan; Meral Barat, Kundur, Kundur Barat, Kundur Utara, Moro, Durai, Ungar dan Belat. Setiap kecamatan mengirimkan utusannya dua orang.

Materi pelatihan meliputi: (1). Konsepsi dan Prinsip-prinsip PNPM : Memantapkan peserta pelatihan untuk tetap dalam koridor PTO PNPM. (2). Peran dan tanggungjawab UPK : Paham dan mengerti terhadap Tupoksi. (3). Berfikir positif dan membangun Komitmen : Penerapan prinsip dalam pelayanan masyarakat. (4). Ruang Lingkup Kegiatan. (5).Hubungan UPK dengan Kelembagaan. (6). Penanganan Masalah. (7). Administrasi Keuangan. (8). Pelaporan keuangan. (9). Data Base Kelompok. (10). Pengembangan Kelompok. (11). Standar Kerja Nasional.   (12).  Profil UPK dan Ikrar UPK. (13).  Rencana Kerja Tindak Lanjut.

Sementara, nilai-nilai yang terkandung pada tema kegiatan masuk dalam muatan setiap materi. Nilai-nilai dimaksud adalah Melayani masyarakat dengan sepenuh hati, Percaya diri, Bertanggungjawab, Melakukan yang terbaik, Berfikir positif, Memiliki tujuan dan Terus belajar.  Proses pelatihan berlangsung dengan menggunakan metode Pelatihan Orang Dewasa (POD).  Dan, bertindak sebagai tim pelatih adalah fasilitator kecamatan yang didampingi oleh Tim Faskab.

Dari hasil evaluasi tergambar, pelakanaan pelatihan cukup menyenangkan. Peserta pada akhir kegiatan terlihat gembira dan terkesan tanpa tekanan atau beban pikiran. Semoga saja, apa yang telah diperoleh dari pelatihan ini, diterapkan untuk meningkatkan kinerja pengeloaan kegiatan dalam menjalan tugas pokok sebagai UPK.

(Ria/Ass.Mis)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: