Oleh: pnpmkarimun | 17 Juni 2014

190 RTM di Kundur Terima BLT Dari UPK PNPM

190 RTM di Kundur Terima BLT Dari UPK PNPM

KUNDUR (HK) – Sebanyak 190 kepala keluarga (KK) dari Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kecamatan Kundur dan Kecamatan Ungar menerima bantuan langsung tunai (BLT). Bantuan itu bersumber dari bantuan dana sosial Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan  Kecamatan Kundur, dengan total anggaran sebesar Rp85.000.000.
Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan di Gedung Balai Sri Gading Kecamatan Kundur dan dihadiri camat, para lurah dan kepala desa se Kecamatan Kundur, Sabtu (8/3).

Panitia pelaksana, Agusman mengatakan, sumber dana bantuan tersebut diperoleh dari alokasi surflus UPK PNPM Mandiri Perdesaan  Kecamatan Kundur tahun Anggaran 2013 dan dialokasikan sebesar 15,89 persen atau senilai Rp 85.000.000 dari keuntungan tersebut.

Pria yang juga sebagai TPM pelaku PNPM tingkat Kecamatan ini juga mengatakan, pagu dana dialokasikan sebesar 85 persen untuk Bantuan Langsung Tunai ( BLT ) yang ada  di Kecamatan Kundur dan Kecamatan Ungar dengan total ada 10 Kelurahan dan Desa. Kemudian setiap Kelurahan dan Desa didapati 19 orang sehingga total ada 190 RTM penerima BLT dan dana yang diterima sebesar Rp400.000.

Sedangkan 15 persen dari pagu dana tersebut dipergunakan untuk operasional antara lain yakni kegiatan Kelurahan atau Desa, operasional Kecamatan dan operasional seremoni atau kegiatan penyerahan dana BLT tersebut kepada para penerima. Dimana alokasi tersebut sesuai dengan SOP dana kelembagaan PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Kundur Tahun anggaran 2014.

“Bantuan dana sosial yang diberikan juga bersifat dari, oleh dan untuk masyarakat (DOUM). Yang artinya adalah dari masyarakat berupa jasa pinjaman yang dikenakan oleh masyarakat kepada UPK. Kemudian oleh masyarakat yang berarti masyarakat yang berhak mengelola kegiatan yang bersangkutan tersebut serta untuk masyarakat artinya dana tersebut kembali atau dinikmati lagi masyarakat dalam bentuk bantuan dana sosial,” kata Agusman.

Dia juga menjelaskan, dana sosial ini telah dilaksanakan PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Kundur sejak alokasi tutup buku UPK tahun 2009 sampai sekarang, dengan perincian sebagai berikut antara lain pada tahun 2009 diberikan untuk kegiatan sunatan masal, tahun 2010, 2011 dan 2013 diberikan untuk BLT. Sedangkan tahun 2012 diberikan untuk peningkatan kapasitas Posyandu beserta Penggerak PKK Kecamatan, Kelurahan dan Desa.

“Kami barharap, BLT yang diberikan dapat bermanfaat bagi RTM yang memang tepat sasaran (membutuhkan), selain itu juga bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan pokok (primer),” harapnya.

Sementara  Camat Kundur, Sukari saat menghadiri kegiatan yang digelar UPK PNPM Mandiri Pedesaan Kecamatan Kundur menilai sangat baik. Tentunya membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: