Oleh: pnpmkarimun | 19 Juli 2013

PNPM Karimun Bantu Modal KSM

KARIMUN (HK) – Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP) di Kabupaten Karimun yang selama ini lebih banyak membangun proyek fisik  seperti pembangunan jalan, drainase, dan proyek fisik untuk pengentasan kemiskinan lainnya, belakangan mulai menyentuh  bidang ekonomi dan sosial.

Sejak tahun 2006, PNPM mulai melaksanakan tiga pilar pembangunan untuk masyarakat seperti pembangunan infrastruktur, penguatan ekonomi sampai peningkatan sumber daya manusia. 

“Tiga pilar itu sudah digerakkan di Karimun,” ujar Heru Setyo Budi selaku Koordinator PNPM-MP Kabupaten Karimun, kemarin.

Menurut Heru, pilar peningkatan infrastruktur sudah banyak dirasakan. Program itu mulai dari usulan hingga pengerjaan diawasi langsung oleh masyarakat. Salah satu yang paling banyak diberikan kepada masyarakat saat ini adalah penguatan modal usaha kelompok swadaya masyarakat (KSM). 

“Program itu sudah digulirkan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Heru.

Pinjaman penguatan modal bagi KSM itu, kata Heru, mulai digulirkan dari Rp500 ribu hingga Rp1 juta. Bahkan, sekarang sudah ada bantuan yang disalurkan hingga Rp100 juta. 

“Awalnya, memang bantuan itu dimulai dari kecil, kemudian usaha KSM itu berhasil, setelah berhasil terus maka pinjaman makin diperbesar,” jelasnya.

Dikatakan Heru, PNPM bukan hanya sebatas memberikan bantuan dalam bentuk pinjaman modal, namun bantuan lain juga diberikan dalam bentuk pelatihan, dan pemahaman tentang usaha yang dirintis oleh KSM tersebut. Jadi, masyarakat semakin terbantu dengan pelatihan yang diberikan tersebut.

Untuk 2013 ini, ungkap Heru, terdapat dua kelurahan di Kecamatan Buru yang mendapatkan dana bergulir penguatan modal usaha kecil tersebut. Di antaranya Kelurahan Lubuk Puding dan Kelurahan Buru tahun ini dianggarkan sebesar Rp 200 juta. “Mudah-mudahan ke depannya makin bertambah lagi,” tandasnya. (ham)

Sumber : Haluankepri.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: